Selasa 8 April 2025

Iklan

iklan

Aspal Sirkuit Mandalaika Gunakan Material Batuan Lokal Asal Lombok Dan Palu

Redaksi Topik
Minggu, 20 Maret 2022 | 14:50 WIB Last Updated 2022-03-20T06:53:42Z

Foto : Sirkuit Mandalika, doc. Antara/Andika Wahyu


Topiksulawesi.com - Sirkuit Mandalika yang menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika pada 20 Maret 2022 menggunakan teknologi aspal terbaik kelas dunia

Kondisi aspal jadi topik yang hangat dibahas selepas free practice 1 dan 2 MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika

Dikutip dari ngopibareng.id, Aspal Sirkuit Mandalika secara resmi mendapatkan Homologasi atau lisensi grade A dari Federation Internationale de Motocyclisme (FIM). Penilaian terkait aspal Mandalika tersebut meliputi permukaan lintasan, daya cengkeram hingga kelengketan ban dengan permukaan aspal.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria pada Jumat 18 Maret 2022, “setelah melakukan diskusi Akhirnya, FIM menyetujui memberikan Homologasi A sehingga kami bisa melangsungkan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 ini," ujar Priandhi

Dalam kesempatan itu Priandhi juga mengatakan, pengerjaan konstruksi aspal yang ada di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini menggunakan metode mix desain yaitu material lainnya dicampur dengan bebatuan lokal asal Lombok dan Palu.

"Material konstruksi aspal ada campuran pecahan bebatuan dari Lombok sendiri dan juga Palu. Itulah yang dinamakan dengan mix desain," katanya.

Pencampuran bahan material dengan bebatuan asal Lombok dan Palu itu katanya dapat memberikan daya traksi atau kemampuan cengkeraman ban dengan aspal lebih lengket.

"Jadi kelengketan antara aspal dengan bebatuan lainnya itu lebih kuat," terangnya.

Ada tiga lapisan aspal untuk trek sirkuit Mandalika yakni :

1. Lapisan pertama atau terbawah adalah Base Course, bagian ini berfungsi untuk memperkuat struktur lintasan utama, bahan baku yang digunakan adalah batu-batuan dari lombok Utara, Lombok Timur, dan Kota Palu.

2. Lapisan kedua adalah Asphalt Congcrete. Asphalt Congcrete adalah sebagai lapisan yang harus memiliki ketebalan dan rigiditas sesuai.

3. Lapisan terkahir atau teratas adalah Wearing Course, yang terbuat dari Stone Mastic Asphalt (SMA). Lapisan ini digunakan untuk memperkuat struktur lapisan paling atas. Stone Mastic Asphalt disebut sebagai jenis campuran aspal terbaru dan mulai digunakan pada 2014-2015

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit ke empat yang menggunakan tekhnologi Stone Mastic Asphalt, tiga sirkuit yang telah menggunakan Stone Mastic Asphlat sebelum sirkuti mandalika adalah Silverstone, Yas Marina, dan Phillip Island.

***

#mandalikasirkuit

#motogpmandalika

#motogpindonesia2022



iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aspal Sirkuit Mandalaika Gunakan Material Batuan Lokal Asal Lombok Dan Palu